Published On
Categories

Filsafat Islam merupakan salah satu kerangka kajian filosofis selain filsafat barat yang membahas nilai agama, moralitas, etika, metafisika, dan berbagai permasalahan lain yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat. Ragam kajian dalam diskursus filsafat Islam melahirkan para pemikir luar biasa, seperti Ibn Sina, Suhrawardi, Mulla Sadra, Ibn Rusyd, dan Allammah Husain Thabathabai. Pemikiran dan karya mereka masih dipelajari dan ditelaah hingga hari ini, guna kesempurnaan wacana filsafat Islam dalam ruang kehidupan masyarakat di masa mendatang.

Urgensi penelaah filsafat Islam selaras dengan hadirnya beberapa literatur dan para pegiat filsafat yang semakin hari semakin bertambah. Nah, bagi kalian yang ingin mendalami sistematika pembahasan filsafat Islam, tim Zona Nalar merekomendasi beberapa referensi bacaan filsafat Islam nih. Yuk, sama-sama kita simak!

  1. History of Islamic Philosophy

Merupakan salah satu magnumopus Seyyed Hossein Nasr dan Oliver Leamen yang diterbitkan oleh Routledge di tahun 1996. Buku ini menjadi rekomendasi bacaan filsafat Islam, karena membahas sejarah filsafat Islam secara periodisasi. Dimulai periode Yunani dan Syria Kuno hingga berlanjut di era Safawiyah, Mulla Sadra. Lebih lanjut, buku setebal 2.000-an halaman ini juga mengkaji pembahasan epistemologi, bahasa, ilmu alam, etika, dan hukum yang dianalisis melalui pendekatan filsafat dan pemikiran Islam.

 

  1. Amuzsy-e Falsafeh

Merupakan salah satu karya terbaik Ayatullah Muhammad Taqi Mizbah Yazdi yang ditulis dalam bahasa Persia. Dalam lingkup akademik, buku ini menjadi bacaan wajib yang diajarkan kepada para pelajar maupun mahasiswa yang mendalami wacana filsafat Islam dan beberapa pembahasan ilmu kemanusiaan.

Buku yang diterbitkan pada tahun 1394 SH ini terdiri dari 2 jilid yang berisikan permasalahan umum filsafat, seperti kausalitas, pembagian substansi dan aksidental, ilmu presensial dan hasil, materi dan gambar, wujud, hingga permasalahan gerak dan perubahan yang dikaji melalui beberapa teori sains modern. Lebih lanjut, buku ini juga telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berjudul, “Kitab Filsafat: Pendekatan Komparatif Filsafat Islam” terbitan Sadra Press.

 

  1. Bidayah al-Hikmah

Merupakan salah satu bacaan wajib bagi para pegiat filsafat Mulla Sadra. Buku yang ditulis Allamah Husain Thabathabai ini merupakan rujukan utama yang digunakan oleh beberapa mahasiswa filsafat Islam Indonesia untuk memahami ruang pembahasan filsafat secara baharu dengan gaya bahasa yang sangat mudah dipahami. Buku yang ditulis dalam bahasa Arab ini juga membahas beberapa kritikan terhadap pemikiran filsuf Muslim terdahulu, seperti Suhrawardi dan Ibn Sina sehingga menjadi referensi bacaan bagi para pegiat filsafat yang tertarik mendalami wacana filsafat Islam.

 

  1. Buku Saku Filsafat Islam

Buku ini ditulis oleh Haidar Bagir, salah satu doktor bidang filsafat Islam di Indonesia. Diterbitkan Mizan di tahun 2005 dan menjadi salah satu buku best seller. Secara garis besar, buku setebal 234 halaman ini membahas permasalahan umum dalam wacana filsafat Islam, seperti definisi filsafat, aliran pemikiran filsafat Islam dan prisipilitasnya, hingga penyajian kritik terhaap filsafat Islam. Tentu, buku ini merupakan pengantar yang dapat membimbing para pembaca memahami sejarah filsafat secara ringkas dengan gaya bahasa yang membumi.

 

  1. Filsafat Islam: Buat yang Pengen Tahu

Buku ini ditulis oleh Amroeni Drajat dan telah diterbitan sejak tahun 2002. Secara garis besar, buku ini sama seperti buku pengantar filsafat lainnya yang membahas pemikiran para filsuf Muslim. Akan tetapi secara khusus, buku ini juga menghadirkan wacana pembahasa filsafat Islam dalam pemikiran para filsuf Muslim di dunia barat, seperti Ibn Bajjah, Ibn Thufail, dan Ibn Rusyd yang dipandang sebagai trisula penyebaran filsafat Islam di dunia barat. Lebih lanjut, buku ini juga mencatat beberapa peninggalan karya para filsuf Muslim, baik di barat maupun di timur. Buku ini serupa catatan kecil mencari lebih jauh rekam pemikiran para filsuf Muslim melalui karya aslinya.

 

  1. Kuliyat-e Falsafeh

Merupakan buku yang ditulis oleh Ali Sirvani dalam bahas Persia dan telah menjadi sumber bacaan utama bagi siapa pun yang ingin memahami doktrin filsafat Islam secara universal. Buku yang terbitan Dar al-Fikr ini terdiri 396 halaman yang berisi 31 doktrin filsafat Islam, seperti kemendasaran wujud, gradasi wujud, gerak substansi dan aksiden, urgensi sebab, pembagian sebab, baharu dan dahulu, waktu, kesempurnaan dan potensial, serta beberapa kritikan terhadap pemikiran materialistik, skeptis, shopis, dan rasionalisme.

 

  1. Mulla Sadra’s Transcendent Philosophy

Merupakan salah satu magnum opus Sayyid Muhammad Khamenei yang terdiri dari 5 pembahas utama, seperti biografi Mulla Sadra, prinsipilitas filsafat Mulla Sadra yang juga membahas beberapa pemikiran Ibn Sina, Suhrawardi, dan Ibn Arabi sebagai para pemikir yang mempengaruhi filsafat Mulla Sadra, Epistemologi, Eskatologi, dan Hermenetika.

Buku setebal 117 halaman ini juga menghadirkan beberapa kekurangan pemikir Muslim, seperti Ibn Sina dan Suhrawardi yang dinilai belum menjelaskan berbagai perencanaan objek utama pembahasan filsafat, wujud. Buku yang ditulis dengan sistematika bahasa yang membumi dan menghadirkan beberapa kritik pemikiran filsuf sebelumnyan menjadi salah satu bacaan yang direkomendasi tim Zona Nalar bagi para pembaca yang ingin mendalami wacana filsafat Islam.

  1. Tajrid al- Ittikad

Merupakan salah satu karya utama Nasruddin Thusi yang ditulis dalam bahasa Arab. Secara keseluruhan buku ini membahas permasalahan doktrin ajaran Islam, seperti wujud Tuhan, urgensi pengutusan Nabi, dan keharusan beriman kepada hari akhir. Akan tetapi, ragam permasalahan doktrin ajaran Islam yang tersaji dalam buku ini dianalisis melalui pendekatan filsafat dan menghadirkan beberapa kritikan pemikiran yang menolak keberadaan Tuhan, Nabi, dan hari akhir, sehingga buku ini menjadi rekomendasi bacaan bagi para pembacaan yang memiliki nilai akidah dan kecintaan terhadap pembahasan filsafat.

Semoga rekomendasi 8 buku filsafat ini dapat menjadi modal kita untuk terus mempelajari dan mendalami filsafat Islam dengan baik, sistematis dan menyeluruh. Selamat membaca dan berfilsafat Zoners!

 

Editor: Ahmed Zaranggi



This article is under the © copyright of the original Author: Please read "term and condition" to appreciate our published articles content. Thank you very much.
(Zona-Nalar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − eleven =