Dari Konsumerisme hingga Hipperrealitas: Pemikiran Kritis Jean Baudrillard

PENULIS: M. Ihza FazrianEDITOR: Wa Ode Zainab Zilullah T. Pada era digital, kita sering dihadapkan pada berbagai iklan yang bermunculan. Iklan politik, produk kecantikan, dan makanan; baik yang berasal dari TikTok, Instagram, Facebook, dan berbagai marketplace. Tentu hal tersebut merupakan bentuk dari arus teknologi yang semakin berkembang. Namun, apakah kita pernah berpikir tentang bahaya yang […]

Konsumerisme Menurut Jean Baudrillard

Dengan berkembangnya berbagai inovasi baru, hasrat untuk membeli sesuatu bak jamur di musim semi. Melalui iklan, kemasan dan shopping mall, kaum kapitalis meningkatkan kapasitas konsumsi masyarakat. Aktivitas konsumsi ini menjadi sendi kehidupan masyarakat konsumen. Namun, mereka sebenarnya membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan, melainkan tanda atau makna apa yang mereka dapat ketika mengonsumsi objek tersebut. Melalui […]